Informasi dan Tips – informasitips.com

12 Rahasia untuk Bahagia

informasitips.com – Apakah Anda bahagia? Pertanyaan sederhana seperti itu tidak asing di telinga. Namun, untuk menjawabnya, tidaklah semudah mengucapkannya. Definisi bahagia bagi setiap orang berbeda-beda dan sangatlah abstrak. Karena, berhubungan dengan perasaan yang sulit dijabarkan dengan kata-kata.

Mencari makna bahagia bagaikan suatu keharusan dalam perjalanan hidup manusia. Semua tergantung pada seberapa dalam takaran bahagia yang bisa diterima setiap orang. Contohnya, bahagia menurut si A berbeda menurut si B.

Namun, selalu ada penelitian yang dilakukan oleh para pakarnya untuk menjabarkan konsep bahagia secara umum. Satu diantaranya tertuang dalam buku World of Happiness karangan Leo Bormans. Isi buku ini berkisah tentang penelitian dan penemuan para ahli terkemuka di dunia psikologi yang membahas arti dari kebahagiaan.

Secara gamblang, buku ini mencakup pernyataan bahagia berdasarkan definisinya masing-masing, yang dirangkum dari jawaban ribuan orang atas pertanyaan arti bahagia. Berikut rangkuman 12 rahasia bahagia yang mungkin bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menerima seutuhnya dengan ikhlas apa yang dimiliki

    Setiap orang pasti memiliki banyak keinginan. Agar keinginan itu terwujud, segala usaha dilakukan dengan berbagai cara. Hasilnya? Pasti selalu ada yang kurang dan menjadikan keinginan itu tidak terwujud utuh sempurna. Hal ini bisa menjadi faktor tidak bahagia bagi seseorang.

    Rahasia Hidup Bahagia
    Namun, bagi orang bahagia, mereka akan menerima dengan ikhlas apa yang sudah dicapainya. Kalaupun ada keinginan yang belum terwujud, mereka tahu bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa kecewa. Seperti, tidak mengeluh akan kegagalan dan mencoba untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan bagi dirinya sendiri.

    Saran seorang ilmuwan bernama Dr Jose de Jesus Garcia Vega dari Universitas Monterrey, Mexico, adalah : “Kita harus menerima apa yang sudah dicapai dan jangan mengeluh. Karena, dengan mengeluh sepanjang waktu atas ketidakberhasilan, membuang banyak waktu dan usaha. Untuk menjadi bahagia, kita perlu menikmati apa yang dimiliki,”.

  2. Menikmati apa yang Anda lakukan

    Rahasia terbesar orang-orang bahagia adalah melakukan apa yang mereka nikmati, dan menikmati apa yang mereka lakukan. Semua itu dikerjakan tanpa bertujuan untuk mengumpulkan pundi-pundi emas ataupun mencari pujian setinggi langit.

    Menikmati apa yang dilakukan sangatlah besar artinya bagi setiap orang. Tidak ada gunanya Anda terjebak dalam pekerjaan yang dibenci dan dikelilingi oleh rekan kerja yang tidak ramah, hanya dikarenakan faktor uang.

    Sebagian orang lupa bahwa tempat berkerja juga memberikan andil untuk merasa bahagia. Akibatnya, mereka terkadang menghabiskan banyak waktu terbaik dalam hidup hanya demi uang, dengan mengorbankan kesehatan dan waktu bersama keluarga.

    Ujung-ujungnya, uang yang selama ini mereka kumpulkan dengan usaha sekuat tenaga, harus membayar mahal untuk masalah kesehatan akibat tekanan pekerjaan dan kurangnya waktu bersama keluarga yang sangat berharga.

  3. Hidup untuk hari ini

    Kekecewaan atas suatu kegagalan di masa lalu terkadang masih terus membayangi seseorang hingga saat ini. Hal tersebut mengakibatkan orang itu akan selalu diliputi rasa bersalah yang tak kunjung usai. Bagi orang bahagia, mereka tidak akan menghabiskan banyak waktu dalam penyesalan.

    Begitu pula rasa khawatir tentang masa depan. Orang bahagia tidak akan diliputi rasa khawatir dan takut tentang suatu hal yang belum terjadi. Mereka dengan tenang menjalani hidupnya saat ini dengan berpikir positif dan memasukkan unsur menyenangkan dalam setiap apa yang dilakukan. Coba tanyakan hal berikut dalam diri Anda : “Jika Anda tidak bisa bahagia hari ini, apa yang membuatmu berpikir besok akan berbeda?,”.

  4. Memilih kebahagiaan

    Cobalah untuk menyempatkan melihat diri Anda sendiri. Jangan takut untuk mengevaluasi kembali tujuan Anda. Bayangkan saja bahwa hidup Anda bagaikan sepotong cerita, yang bisa diedit dan direvisi oleh Anda sendiri.

    Pilih dan rencanakanlah hidup Anda dengan isi cerita yang membahagiakan. Dalam melakukan hal ini, Anda membutuhkan pendekatan yang fleksibel dan coba membuka pikiran dengan sesuatu yang positif. Anda harus secara aktif untuk memilih menjadi bahagia.

    Menurut Dr Garcia Vega, para voluntarists (orang yang merasa mereka punya kebebasan dan kendali penuh atas hidup mereka) merupakan orang yang lebih bahagia dibandingkan fatalists (orang yang memiliki sedikit peran untuk melakukan perubahan dalam hidup mereka oleh campur tangan pribadi).

  5. Hubungan

    Kita mendapatkan kebahagiaan atas peran dan dukungan orang lain. Ingatlah, sama seperti orang lain yang dapat membahagiakan Anda, sebagai mahluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain Anda juga harus bisa membahagiakan orang lain pula.

    Menghargai orang lain juga memberikan peran penting dalam menumbuhkan rasa bahagia dalam hidup Anda. Berdasarkan penelitian, orang yang sudah menikah lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang masih lajang.

  6. Kesibukan

    Bila Anda ingin lebih bahagia, kembangkan kepribadian yang baik dan jalani kehidupan sosial Anda. Cobalah untuk ikut bersama dalam kegiatan sosial yang bersifat positif untuk menjalin relasi yang baik dengan orang lain.

    Kegiatan yang bisa Anda ikuti seperti undangan nongkrong bareng bersama teman, bergabung dengan klub berjalan, kelompok pecinta buku, ataupun paduan suara. Cara terbaik untuk menikmati kesenangan adalah membangun kehidupan sosial yang harmonis dan penuh warna dengan orang lain.

    Menurut pakar psikologi Universitas Yonsei di Seoul, Profesor Eunkook M. Suh, kegiatan tersebut bukan sebagai kewajiban. Namun, kegiatan itu sangat bermanfaat, bermakna, dan menyenangkan bagi Anda.

  7. Jangan membandingkan

    Ambisi yang sehat dapat menyebabkan orang menjadi bahagia. Bahayanya, ambisi tersebut biasanya dibarengi dengan rasa iri. Karena akan selalu muncul rasa untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

    Nah, kondisi membandingkan inilah yang dapat merusak manfaat dari ambisi positif Anda. Cobalah untuk tetap fokus pada tujuan dan impian Anda, sehingga dapat menikmati ambisi dan prestasi yang Anda capai dengan cara positif.

  8. Jadilah diri sendiri

    Penilaian orang terhadap diri Anda terkadang menjadi momok yang menakutkan. Akibatnya, Anda berusaha untuk tampil maksimal, meski itu bukan kemauan diri sendiri. Itu hanyalah tuntutan untuk tampil sempurna di mata orang lain.

    Cobalah untuk tidak mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan tentang diri Anda. Orang yang bahagia biasanya spontan, alami, dan menunjukkan diri mereka apa adanya tanpa dibuat-buat. Mereka selalu bertindak dengan cara berpikir positif dan mengapresiasikan apa yang mereka rasakan.

    Selain itu, orang bahagia juga tidak mengkhawatirkan penilaian orang lain terhadap dirinya. Mereka hanya tampil menjadi diri sendiri, yang menjadikan mereka sebagai orang yang bebas dan bertanggungjawab, tentunya otentik.

  9. Berhenti khawatir

    Jangan terlalu serius dalam menghadapi setiap lembar kehidupan Anda. Orang-orang bahagia tidak pernah khawatir akan kehidupannya. Menurut mereka, 90 persen kekhawatiran yang mendera seseorang tidak pernah menjadi kenyataan.

  10. Teratur

    Anda mungkin iri pada orang-orang yang santai dalam menjalani hidupnya dan melakukan hal-hal yang mendadak. Jangan tertipu! Orang bahagia selalu merencanakan dan mengatur hidup mereka. Karena, ada tujuan yang ingin dicapai dalam hidup mereka.

    Sebagai individu, Anda hanya bisa mendapatkan apa yang diinginkan berdasarkan keinginan Anda sendiri, dengan menempatkan keinginan tersebut di tempat terpenting dalam pencapaian Anda.

  11. Berpikir positif

    Memendam emosi dan perasaan buruk akan menciptakan tekanan psikologis dan ketidaknyamanan fisik Anda. Orang-orang bahagia dapat merasakan rasa itu dari dalam hati mereka.

    Semboyan yang sering dipegang teguh oleh orang bahagia adalah : menyingkirkan pikiran buruk itu dalam diri Anda, atau pikiran buruk itu yang akan menyingkirkan Anda. Cobalah untuk mengembangkan rasa optimis dalam diri Anda dengan pikiran-pikiran yang positif.

  12. Nilai kebahagiaan

    Kebahagiaan dapat dipelajari. Tetapi, mencari makna dan tujuan hiduplah yang menyebabkan munculnya rasa bahagia itu dan bukan sebaliknya. Orang yang paling bahagia adalah, mereka yang menghargai dan menyadari bahwa menjadi bahagia merupakan apa yang harus mereka hadapi dalam hidup.

Semua hal di atas akan membantu untuk memahami dan mencari kebahagiaan dalam diri Anda sendiri. Namun, semua itu kembali lagi kepada Anda sebagai pengambil keputusan, dan yang paling mengerti akan arti bahagia berdasarkan apa yang dirasakan. Setidaknya, 12 rahasia yang diuraikan di atas bisa dijadikan referensi untuk hidup bahagia.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *