Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Menarik dan Patut Dikunjungi (2)

informasitips.com – Lanjutan dari artikel 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Menarik dan Patut Dikunjungi (1)

6. Gunung Bromo

Obyek wisata Gunung Bromo terdapat di komplek pegunungan Tengger, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Daya tarik gunung yang masih aktif ini adalah terdapatnya kawah di tengah kawah dengan hamparan pasir yang mengelilinginya. Gunung Bromo (atau yang dalam bahasa Sanskerta Gunung Brahma) dipercaya sebagai gunung yang suci oleh penduduk suku Tengger.

Gunung Bromo Tempat wisata menarik di Indonesia

Gambar : tempatwisata.web.id

Upacara Kasodo atau Yadnya Kasada digelar satu tahun sekali oleh penduduk setempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara yang dilanjutkan ke puncak gunung Bromo. Pemandangan yang sangat indah terutama saat matahari terbit di Gunung Bromo membuat obyek wisata ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang sebaiknya juga masuk dalam daftar tempat wisata yang patut Anda kunjungi. DIY terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Banyak sekali pilihan wisata di Yogya antara lain mengunjungi Istana Sri Sultan Hamengkubuwono atau yang lebih dikenal dengan nama Kraton Ngayogyakarta, wisata ke pantai Parang Tritis, melihat pertunjukan wayang kulit, dan melihat keindahan arsitektur bangunan kolonial peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Pantai Parang Tritis Yogyakarta

"Pantai Parang Tritis" (Gambar : indonesia-asia-holiday.com)

Anda juga bisa menyaksikan pentas seni Sendratari Ramayana di pelataran Candi Prambanan, Kalasan, Sleman, DIY. Wisata ke Yogya rasanya akan lebih lengkap apabila Anda juga menyusuri jalan Malioboro dimana Anda bisa membeli berbagai kerajinan khas dan keunikan produk lokal seperti batik dan blangkon Yogya. Jangan lupa untuk mencicipi masakan tradisional khas Yogya yakni Gudeg, Bakpia dan Geplak.

8. Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Terdapat pulau vulkanik bernama pulau Samosir di tengah danau ini yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba terbentuk saat terjadi ledakan gunung berapi yang sangat besar 69.000-77.000 tahun yang lalu. Ledakan ini diperkirakan sebagi salah satu ledakan terbesar di dunia.

Keindahan alam danau toba

Gambar : ilove-indonesia.com

Pemandangan yang indah dikelilingi bukit, suasana yang nyaman dengan udara yang sejuk dan segar menarik banyak turis untuk mendatangi tempat ini. Nikmati keindahan bekas supervolcano terbesar di dunia ini terutama saat matahari terbenam dengan menyewa perahu motor atau berperahu mengelilingi danau dan mengunjungi pulau samosir.

Apabila Anda belum pernah mengunjungi danau Toba, Anda bisa mencapai tempat rekreasi ini dengan menyewa mobil menuju Parapat dari kota Medan. Di pulau Samosir terdapat rumah-rumah adat raja-raja Batak jaman dahulu kala, juga kuburan para raja di wilayah Tomok.

9. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional ini berlokasi di kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah. Hutan hujan tropis dataran rendah di Kalimantan yang memiliki bermacam jenis flora dan fauna menjadikan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat berbagai jenis fauna yang hidup liar di hutan Tanjung Puting yang masih alami. Beberapa di antaranya adalah orangutan, bekantan, beruang madu, kijang dan kancil.

Sungai Sekonyer Taman nasional tanjung puting

"Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting" (Gambar : orangutan.org)

Pada tahun 1977 UNESCO menetapkan Taman Nasional Tanjung Puting sebagai Cagar Biosfir. Untuk mencapai kawasan ini dari bandara pangkalan Bun Anda melanjutkan perjalanan darat menuju Kumai. Selanjutnya perjalanan dari Kumai ke desa Tanjung Harapan dilakukan dengan menggunakan klotok atau perahu. Di kawasan konservasi ini Anda bisa melihat dengan dekat kehidupan satwa yang unik dan langka di muka bumi ini. Melihat secara langsung kehidupan alam sambil menyusuri sungai mendengar suara-suara binatang hutan dan burung-burung tentu menjadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan.



10. Kepulauan Bangka Belitung

Ada begitu banyak tujuan bagi Anda dalam melakukan wisata bahari salah satunya Raja Ampat dan pulau Bali seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak kalah indahnya kepulauan Bangka Belitung menawarkan panorama alam pantainya yang mempesona. Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang berada dekat provinsi Sumatera Selatan terdiri dari dua pulau utama yakni pulau Bangka dan pulau Belitung serta ratusan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kepulauan Bangka Belitung

Gambar : nationalgeographic.co.id

Kepulauan ini lebih dikenal banyak orang setelah terpilihnya Puteri Indonesia Artika Sari Devi, Puteri Indonesia tahun 2004 yang dilahirkan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Selanjutnya kemunculan novel garapan Andrea Hirata yang lahir di Belitung untuk mempromosikan Bangka-Belitung, diikuti dengan film “Laskar pelangi” terbukti sukses dengan meningkatnya jumlah wisatawan asing maupun lokal yang datang ke provinsi ini.

Beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi di Pulau Bangka antara lain Pantai Parai Tenggiri, Matras, Tanjung pesona dan Rebo. Sementara beberapa pilihan pantai terbaik yang unik di pulau Belitung adalah Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas. Bangka Belitung dengan pantai-pantai pasir putihnya yang terkadang berwarna kuning keemasan yang halus, keindahan batu-batu granit, air laut yang biru sejernih kristal, pantai yang landai, ombak yang cukup besar dan ratusan pulau-pulau kecil yang eksotis memang layak menjadi salah satu favorit Anda untuk tujuan wisata di negeri ini.

Mari dukung gerakan pemerintah “Visit Indonesia” dengan memperkenalkan atau mengajak teman/wisatawan asing mengunjungi berbagai keindahan alam dari Sabang sampai Merauke. Bersama kita budayakan kebiasaan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di tanah air Indonesia kita tercinta sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan kesenian bangsa. Kedatangan Anda ke berbagai tempat rekreasi adalah salah satu bentuk kepedulian dan penghargaan bagi masyarakat setempat, selain itu tentu saja kegiatan wisata lokal akan menghasilkan devisa bagi negara. Memberikan dukungan bagi kebudayaan dan pariwisata menujukkan betapa besar rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

4 thoughts on “10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Menarik dan Patut Dikunjungi (2)

  1. Gildo Kaldorana

    Enak, kalau ada uang, aku mau pergi ke semua tempat ini :).
    Artikel bagus, betul. Aku pasang di twitter saya.
    Saludos desde Barcelona, Widasari. Sudah lama kita tidak bicara….

  2. Widasari Saraswati

    Hola Pak Gildo Kaldorana, terima kasih sudah mampir baca dan sebarkan artikel saya di twitter 🙂 Betul, harus ada cukup uang kalau mau kunjungi semua tempat itu…mudah – mudah suatu saat bisa ya. Saludos desde Granada.

  3. Diny Kono

    Wah Kakak seniorku di UNJ ini sudah menjelajahi semua ya? top markotop.. Aku? baru 2 dari 10 hehehe… Tetap semangat jalan-jalan sambil mengembangkan sayap ilmu sepanjang hayat kita *seperti kata mars UNJ 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: