Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Menarik dan Patut Dikunjungi (1)

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Berlibur dengan mengunjungi tempat-tempat wisata merupakan salah satu cara terbaik untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas rutin sehari-hari. Anda tak perlu jauh-jauh berlibur ke luar negeri, karena negara kita Indonesia dianugerahi dengan latar belakang sejarah yang sangat kaya dan keindahan alam yang menakjubkan. Banyak tujuan wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tempat-tempat wisata populer dalam negeri, seperti Pulau Komodo, Bali, dan lainnya mampu menawarkan keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di luar negeri. Selain itu, berwisata ke negeri sendiri tentunya bisa lebih hemat, dibandingkan bila kita harus bepergian jauh ke luar negeri.

Jadi, jika Anda sedang mencari ide tujuan wisata atau berencana untuk berlibur baik liburan perorangan, keluarga, kelompok ataupun perusahaan, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena di artikel ini, akan dibahas beberapa tempat wisata dalam negeri yang menarik dan patut untuk dikunjungi, karena budayanya yang kaya, kegiatan ritual yang unik serta kecantikan alamnya.

Berikut 10 tempat wisata terbaik yang patut dikunjungi di Indonesia :

1. Pulau Komodo

Tahun 2009, pulau Komodo terpilih sebagai salah satu finalis dari 7 keajaiban dunia versi New7Wonders. Hal ini menunjukkan bahwa pulau yang terletak di Selat Sape, sebuah selat antara pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Pulau Komodo wisata Indonesia

Gambar : Kompasiana.com

Pulau ini merupakan habitat asli komodo. Komodo bukan kadal biasa yang bisa hidup dimana saja. Diperkirakan ada kurang lebih 2500 komodo di pulau ini. Keunikan yang dimiliki komodo antara lain air liurnya yang beracun dan mematikan. Sensasi yang menakjubkan saat melihat komodo dari jarak dekat (tentunya dengan pemandu) merupakan salah satu keistimewaan yang ditawarkan pulau ini

Selain bisa melihat komodo sebagai hewan yang cukup langka, kelebihan lainnya yang ditawarkan pulau ini adalah panorama alamnya yang indah, diantaranya adalah keindahan laut yang masih bersih dan biru, hutan mangrove, padang rumput savana, dan pantai pasir merah muda. Ya, di pulau ini ada kawasan pantai dimana pasirnya tidak berwarna putih melainkan berwarna merah muda (pink). Diperkirakan, di dunia ini hanya ada 7 pantai yang berwarna pink. Termasuk langka, kan?

Bila ingin bersantai di pantai ini, tentunya Anda harus melihat-lihat terlebih dahulu karena komodo-komodo yang ada di pulau ini senang sekali berjemur di area pantai pasir pink. Namun biasanya bila ingin bersantai di sana, pastinya Anda akan ditemani oleh seorang petugas pemandu. Selain bisa bersantai di sana, Anda juga bisa melakukan diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan laut di pulau komodo. Dengan segala keindahan yang ditawarkan, sangatlah pantas bila pulau Komodo dijadikan sebagai pilihan utama tempat wisata di Indonesia yang patut dikunjungi.


2. Raja Ampat

Salah satu lokasi menyelam terkenal di dunia ini terletak di Waisai, provinsi Papua Barat, Indonesia. Gugusan gunung karang yang menawan, lautan biru yang jernih dan terumbu karang dengan aneka biota laut yang cantik membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Wisata ke tempat ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tapi kunjungan di bulan Oktober dan November lebih disarankan karena saat itu air lautnya tenang.

raja ampat wisata Indonesia patut dikunjungi

Gambar : internatrade.blogspot.com

Apabila menyelam bukanlah pilihan Anda, tidak ada salahnya menikmati wisata bahari dengan menyewa speed boat untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang indah dengan bukit-bukit karang berwarna hijau di sekitar di Raja Ampat. Pilihan lain adalah melihat satwa burung Cendrawasih khas Papua atau berjemur sambil bersantai di pasir putih halus yang bersih. Untuk Anda yang ingin menyelam jangan lupa untuk membawa kamera khusus anti air untuk mengabadikan pesona keindahan alam bawah laut ya!

Sejak 1 Februari 2012, Raja Ampat dipromosikan di Kota Bern dan Basel, Swiss sebagai tempat tujuan wisata Indonesia yang patut dikunjungi. Promosi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan Swiss yang berkunjung ke Indonesia. Melihat keindahan lautnya yang sungguh luat biasa, wajar bila Raja Ampat dijadikan icon promosi wisata Indonesia di Swiss.


3. Candi Borobudur

Candi Borobudur termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO. Lokasi salah satu candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada jaman raja Samaratungga dari dinasti Syailendra yang memerintah di Jawa Tengah pada abad ke sembilan.

Candi Borobudur wisata Indonesia

Gambar : asiantour.info

Arsitektur candi ini sangat megah dan indah dengan 504 arca Buddha disertai relief berupa pahatan yang rumit di blok batu-batu besarnya yang dibuat sekitar tahun 800-an Masehi. Relief yang ada menggambarkan manusia-manusia mulia seperti pertapa, dewi, raja dan wanita bangsawan, aneka tumbuhan dan hewan. Stupa utama terbesar terletak di tengah stupa Buddha yang sedang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma.

Seiring dengan melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta masuknya pengaruh Islam, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14. Ada dugaan pula yang menyebutkan bahwa alasan Borobudur ditelantarkan adalah karena meletusnya Gunung Merapi.

Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814 yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa menemukan Borobudur dan memerintahkan proyek pemugaran besar sebagai upaya menyelamatkan situs bersejarah ini. Saat ini selain sebagai tempat ziarah keagamaan, Borobudur setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Umat Buddha dari seluruh Indonesia dan luar negeri berkumpul di Borobudur setiap tahunnya untuk memperingati Trisuci Waisak.

4. Pulau Bali

Pulau Bali yang indah sangat terkenal di mata dunia. Rasanya semua orang sudah mengenal pulau ini yang juga dikenal dengan sebutan pulau dewata. Bahkan terkadang pulau Bali lebih dikenal daripada Indonesia! Terutama setelah pulau Bali pernah menjadi lokasi syuting salah satu film Hollywood yang berjudul “Eat, Pray, Love” yang dibintangi aktris Julia Roberts pada tahun 2010.

Pulau Bali Wisata Indonesia yang patut dikunjungi

Gambar : bestleisureinfo.com

Banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di pulau Bali. Jika Anda pencinta pantai atau suka menikmati matahari terbenam dan terbit bisa mengunjungi pantai Kuta, Nusa Dua, Sanur dan Lovina. Jika Anda ingin menghindari panasnya dan ramainya turis di bagian selatan Bali, Anda bisa pergi ke Bedugul yang menawarkan udara yang bersih, sejuk dan pemandangan indah Pura Ulun Danu di danau Beratan yang dikelilingi bukit-bukit yang hijau.

Dapatkan kedamaian saat melihat hamparan padi di Ubud, kecantikan gunung berapi Batur yang masih aktif dan keunikan salah satu desa Trunyan di Bali, dimana merupakan tradisi bagi penduduknya untuk tidak menguburkan jenazah tapi hanya diletakkan begitu saja di atas tanah di bawah pohon kemenyan.

Bila Anda memilih Bali yang dikenal juga dengan sebutan “The Island of God” sebagai tujuan wisata Anda sempatkan pula untuk menonton tarian tradisional kecak dan Barong di desa Batubulan. Jangan lupa pula ke Pasar seni Sukawati, salah satu pasar di Bali yang menawarkan berbagai macam oleh-oleh berupa kerajinan kayu, udeng yakni ikat kepala khas Bali, lukisan khas Bali dan berbagai macam karya seni lainnya.



5. Tana Toraja

Tradisi budaya suku Toraja yang menetap di pegunungan di Sulawesi Selatan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Selain keunikan rumah tradisional Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan berupa tumpukan kayu yang dihiasi ukiran berwarna merah, salah satu ritual yang terkenal dari beragam tradisi yang ada adalah upacara pemakaman jenazah. Ritual peristiwa sosial ini dapat berlangsung sampai beberapa hari dan dihadiri oleh ratusan orang.

Tana Toraja wisata Indonesia

Gambar : limbong40.blogspot.com

Upacara pemakaman yang sangat rumit ini dikenal dengan nama Rambu Solo yang merupakan tanda penghormatan terakhir kepada orang yang meninggal. Pada umumnya pada ritual ini terdapat Tau-tau yakni patung penggambaran diri orang yang meninggal tersebut. Mayat disimpan di gua-gua di bukit tinggi berbatu begitu saja bersama dengan simbol diri mereka dan anehnya tidak pernah tercium bau busuk. Menurut kepercayaan semakin tinggi mayat-mayat diletakkan maka akan semakin cepat rohnya pergi ke surga atau bertemu dengan Tuhan. Dengan kekayaan budayanya Tana Toraja patut untuk dijadikan salah satu tempat wisata yang sebaiknya Anda kunjungi.

Baca juga lanjutan artikelnya di 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Menarik dan Patut Dikunjungi (2)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND