Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Pertimbangan yang Perlu Diketahui Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Untuk Anak

informasitips.com – Keputusan paling penting kedua yang akan Anda buat sebagai orang tua, selain dahulu memutuskan untuk memiliki anak dengan pasangan, yaitu memutuskan pilihan sekolah yang terbaik untuk anak Anda. Keputusan ini sangat penting, karena dengan mendaftarkan anak di sekolah yang tepat akan menempatkan anak pada jalur pendidikan yang berkualitas dan menjanjikan keberhasilan dalam kehidupannya di masa mendatang.

Tidak semua orang tua memiliki kesempatan untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anak-anak mereka, misalnya saja karena keterbatasan finansial, keterbatasan jumlah pilihan sekolah di sekitar rumah tinggal dan lain sebagainya. Tapi cukup banyak juga orang tua yang memiliki kebebasan dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk anak-anak mereka karena mereka tidak memiliki masalah-masalah seperti yang disebutkan sebelumnya.

Lakukan ekspolarasi pilihan sekolah anak secara luas sebelum memutuskan pilihan yang tepat untuk anak Anda dan Anda. Simak lebih lanjut artikel ini yang menawarkan tips berupa informasi praktis hal-hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membantu Anda membuat keputusan tentang pendidikan anak Anda.

Pertimbangan memilih sekolah untuk anak

Pertimbangan yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak:

  1. Hal yang Anda inginkan untuk anak bisa didapatkan di sekolah tersebut
    Jika Anda menginginkan anak Anda menguasai bahasa tertentu dengan baik, maka akan lebih baik bagi Anda untuk memasukannya ke sekolah yang memang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar di sekolah. Misalnya saja sekolah dimana para siswa dan gurunya menggunakan bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin.
  2. Hal yang dibutuhkan anak ada di sekolah tersebut

    Misalnya anak Anda memiliki masalah karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya seperti keterbatasan dalam beraktivitas, ketidakmampuan mental dan emosi serta kelainan fisik yang memiliki pengaruh pada kegiatan belajarnya. Maka alangkah baiknya bila Anda memasukkan anak Anda pada sekolah khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) biasanya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB memberikan pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi anak sesuai dengan kekhususannya masing-masing.

    Atau bisa juga anak Anda bukan termasuk anak yang berkebutuhan khusus. Anak Anda termasuk normal namun merupakan tipe anak yang aktif dan lebih banyak gerak/aktivitas fisiknya. Nah, sekolah-sekolah yang lebih banyak mengeksplorasi dan melakukan kegiatan aktif di luar ruangan merupakan sekolah yang cocok dan lebih dibutuhkan anak Anda.

  3. Lingkungan sekolah yang tepat

    Selain karakter bawaan, lingkungan keluarga dan masyarakat, maupun lembaga pendidikan juga memiliki pengaruh pada pembentukan karakter setiap anak. Jika Anda menginginkan anak Anda untuk lebih religius pada agama yang dianutnya, maka Anda bisa memasukkannya pada sekolah yang berbasis agama tertentu. Begitu juga halnya dengan sekolah yang memiliki peraturan yang ketat atau longgar pada siswa-siswanya. Anda sebagai orang tua, tentu tahu hal terbaik apa yang Anda inginkan dari anak Anda.

  4. Lokasi sekolah
    Untuk menghemat banyak waktu dan ongkos transportasi, sekolah yang dekat dengan rumah lebih menguntungkan. Anak bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan punya waktu untuk melakukan aktivitas lainnya sepulang sekolah. Apabila anak bersekolah di sekolah yang cukup jauh dari rumah, maka Anda harus memikirkan waktu yang terbuang karena kemacetan di jalan yang mengakibatkan kemungkinan anak sering terlambat masuk sekolah. Sekolah yang jauh juga bisa menyebabkan anak Anda kelelahan ketika masuk sekolah, hal ini akan menyebabkan anak tidak aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
  5. Kurikulum sekolah
    Saat ini secara umum, jenis sekolah terbagi 3 yakni sekolah nasional, sekolah nasional plus dan sekolah internasional:
    Sekolah nasional menggunakan kurikulum yang berlaku pada umumnya di Indonesia. Sekolah ini cukup baik untuk dipilih apabila Anda tidak berniat menyekolahkan anak Anda ke luar negeri.

    Sekolah nasional plus menggunakan kurikulum nasional yang ditambah penekanan pada jam
    pelajaran tertentu menjadi lebih banyak dari biasanya misalkan bahasa Inggris atau bahasa
    Mandarin.

    Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional melalui kerjasama dengan pihak luar negeri. Sekolah ini merupakan pilihan yang tepat apabila Anda memiliki rencana untuk menyekolahkan anak Anda ke luar negeri.

  6. Perbandingan jumlah guru dan siswa di kelas
    Mutu pendidikan anak Anda akan lebih baik apabila Anda menyekolahkan anak di sekolah yang membatasi jumlah siswanya dalam setiap kelas. Apabila terlalu banyak jumlah siswa dalam kelas dan hanya ada satu orang guru, hal ini dapat mengakibatkan siswa tidak bisa konsentrasi dengan baik mengikuti proses belajar mengajar. Guru juga dapat memiliki masalah dalam mengontrol siswa-siswanya saat pelajaran berlangsung di kelas yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif.
  7. Kemampuan keuangan
    Hitung semua biaya sekolah yang diperlukan untuk pendidikan anak secara rinci. Misalnya uang pendaftaran, iuran sekolah setiap bulan, biaya pembelian buku pelajaran, baju seragam yang perlu dibeli, biaya tahunan ekstra dan lain sebagainya. Sebaiknya pilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan finansial atau keuangan Anda. Hal ini penting karena tidak ada gunanya memasukkan anak ke sekolah mahal kalau menyebabkan Anda harus menunggak iuran sekolah anak atau meminjam uang pada orang lain. Ingat, sekolah yang mahal belum tentu jaminan sekolah yang berkualitas. Biasanya sekolah yang mahal memiliki fasilitas lebih baik dari sekolah pada umumnya, seperti kelas yang memiliki AC, anak mendapat makan siang di kantin sekolah dan lain-lain.

    Memang ada beberapa sekolah mahal yang juga diiringi kualitas yang menjanjikan pula. Namun, bukan berarti semua sekolah berkualitas bagus itu pasti biayanya mahal. Banyak juga kok sekolah yang biayanya terjangkau dan biasa-biasa saja namun kualitasnya tidak kalah jauh dari sekolah mahal. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus bisa cermat melihat mana yang lebih dibutuhkan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda.

  8. Kegiatan tambahan atau ekstra kurikuler
    Sebaiknya pilih sekolah yang memiliki ektra kurikuler yang dapat membantu mengembangkan bakat dan minat anak Anda. Misalnya les komputer, bahasa, fisika, matematika, melukis, menari, menyanyi, karate, dan lain sebagainya. Selain menunjang bakat dan minat anak, ektra kurikuler juga dapat membantu mengembangkan kreativitas anak. Kegiatan sekolah tambahan ini juga berkaitan dengan fasilitas yang ada di sekolah untuk menunjang kegiatan-kegiatan tersebut, seperti laboratorium yang bagus, perpustakaan yang lengkap, gedung sekolah dalam kondisi yang baik, lapangan olah raga yang luas dan lain sebagainya.
  9. Perhatikan Kualitas dan kompetensi para pengajar
    Untuk mengetahui hal ini Anda bisa datang ke sekolah langsung dan menanyakannya pada pihak sekolah. Guru yang baik, profesional dan memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang yang diajarnya, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan di kelas dan dapat berkomunikasi dengan anak. Bila sekolah yang Anda minati menawarkan class trial, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan para calon guru dan melihat aktivitas belajar di sekolah tersebut. Percaya dengan “kata hati” Anda dan minta pendapat anak juga setelah membawanya ke semua calon sekolah yang ada dalam daftar sekolah seleksi Anda.

    Selain menilai kompetensi, Anda juga harus bisa menilai apakah guru tersebut cukup kooperatif dan bisa diajak bekerja sama dengan orang tua. Karena, sekolah merupakan tempat dimana anak-anak kita akan menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari. Dan guru-guru merupakan “orang tua” bagi anak selama mereka berada di sekolah. Untuk itu, guru yang baik harusnya tidak hanya pandai dalam hal mentransfer ilmu saja, namun juga pandai melihat perkembangan dan apa yang dibutuhkan anak terlebih bila anak memiliki masalah dalam hal kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru yang baik tentunya akan mengkomunikasikan kepada orang tua tentang perkembangan maupun kendala-kendala yang mungkin saja dihadapi anak di sekolah.

    Untuk masalah penilaian kualitas guru ini sepertinya memang harus lebih diperhatikan. Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, perlu juga melihat apakah guru-guru yang mengajar juga memiliki kesabaran yang cukup tinggi. Karena tidak semua anak termasuk anak yang “mudah” untuk didekati. Ada anak yang memang agak sulit ditangani. Di sinilah pentingnya untuk melihat apakah guru tersebut cukup sabar menangani setiap pola dan tingkah laku murid-muridnya. Terlebih lagi bila Anda ingin memasukkan anak Anda yang masih kecil (misalnya usia sekolah TK) ke sekolah. Guru TK haruslah guru yang bisa menjadi teman untuk anak. Jangan masukkan anak balita Anda ke sekolah yang guru-gurunya terkesan galak dan tidak sabar. Banyak loh, kasus anak-anak yang menjadi enggan masuk sekolah karena faktor ketidaknyamanan dengan guru. Untuk itu, Anda juga harus cermat dalam hal melihat kualitas dan kompetensi calon guru untuk anak Anda.

  10. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
    Kumpulan data berupa rekomendasi dan informasi yang Anda butuhkan bisa didapat dari keluarga, teman, tetangga, koran, internet, pameran sekolah dan lain sebagainya. Dengan data yang Anda kumpulkan buatlah daftar positif dan negatif sekolah yang ada dalam daftar seleksi Anda. Cari tahu apakah sekolah yang Anda minati memiliki akreditasi dan reputasi yang baik karena pernah memenangkan suatu penghargaan khusus berkaitan dengan prestasi akademik yang diraih siswa-siswanya. Cari tahu pula apakah sekolah yang Anda minati untuk anak Anda tersebut aman dan berperan aktif memerangi kenakalan remaja seperti obat-obatan terlarang, alkohol dan kekerasan/perkelahian antar siswa.

Sebenarnya tidak ada sekolah yang sempurna untuk setiap anak. Saat mencari sekolah untuk anak, pertanyaannya adalah bukan apakah sekolah tersebut baik atau buruk, tetapi apakah sekolah tersebut adalah tempat yang tepat untuk anak Anda. Pilihan sekolah yang tepat dapat membantu memberikan kualitas pendidikan yang baik kepada anak. Berbekal informasi yang luas, Anda akan bisa menentukan sekolah mana yang sesuai dengan kemampuan dan bisa mengasah semua potensi maupun bakat yang ada dalam diri anak.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: