Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Kebiasaan Buruk yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)

informasitips.com – Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian yang vital untuk menangkal berbagai serangan kuman ataupun penyakit yang menyerang tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh (imunitas) tubuh sampai melemah maka berbagai ancaman kesehatan yang serius akan datang menyerang. Banyak hal yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, contohnya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya 10 kebiasaan buruk berikut ini:

  1. Merokok
    Mungkin Kamu sudah menduga bahwa merokok akan masuk dalam daftar kebiasaan buruk yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain dapat menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga dapat melemahkan sistem imun tubuh. Berbagai macam toksin yang terkandung di dalam rokok dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh sekaligus memengaruhi jumlah sel imun yang ada dalam tubuh Kamu. Tidak heran jika Kamu seorang perokok maka akan banyak gangguan kesehatan yang akan Kamu alami, seperti asthma, bronchitis, dan bahkan pneumonia. Tidak ada cara lain selain berhenti merokok agar Kamu selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.
  2. Mengonsumsi Alkohol
    Konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan rusaknya sistem imunitas tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menghancurkan sel-sel antibodi yang berperan penting dalam melawan berbagai infeksi akibat serangan virus. Jika Kamu banyak mengkonsumsi alkohol, maka tubuhmu akan rentan terhadap serangan berbagai penyakit dan juga infeksi, seperti tuberculosis. Jadi, hindarilah mengkonsumsi alkohol dan beralihlah ke pola hidup yang sehat.
  3. Jarang Olahraga
    Bagaimana mau sehat, kalau kamu jarang berolahraga. Olahraga sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa rutin berolahraga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi dalam melawan berbagai macam bentuk kuman penyakit yang menyerang tubuh. Sebaliknya, jarang berolahraga perlahan-lahan akan semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya Kamu akan jadi mudah lelah, capek, dan juga mudah sakit. Untuk itu, rajinlah berolahraga. Tapi ingat, jangan terlalu diporsir karena itu juga tidak baik untuk kesehatan..
  4. Kebiasaan Buruk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

    sumber gambar: wakeup-world.com

  5. Terlalu banyak berolahraga
    Kurang olahraga tidak boleh, begitu pula dengan olahraga yang berlebihan juga tidak boleh. Semuanya harus seimbang. Terlalu banyak berolahraga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih tegang. Hal tersebut akan berefek negatif pada sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, terlalu memaksa tubuh untuk melakukan berbagai macam latihan juga tidak baik untuk sistem kardiovaskular tubuhmu. Biar bagaimanapun, istirahat tetaplah penting, karena dengan beristirahat maka tubuh akan pulih dari rasa letih. Istirahat sama pentingnya dengan olahraga yang cukup, keduanya akan menguatkan sistem imun tubuh.
  6. Banyak begadang dan Kurang tidur
    Seperti telah disebutkan di atas bahwa istirahat yang cukup dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jika Kamu terlalu banyak begadang atau seringkali kurang tidur karena aktivitas yang padat, maka akan banyak gangguan yang terjadi dalam tubuh Kamu. Ketika tidur, tubuh layaknya mesin yang kembali diisi bahan bakarnya dan itu akan memulihkan berbagai fungsi naturalnya, termasuk fungsi kekebalan tubuh. Jika tidur sampai kurang, maka Kamu akan rentan terhadap berbagai serangan infeksi penyakit. Tubuh juga akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas.
  7. Kurang minum air
    Air yang Kamu minum dapat meningkatkan proses pembuangan toksin dari dalam tubuh melalui urin yang diekskresi. Dengan berkurangnya toksin dari dalam tubuh, maka kerja sistem imun akan lebih ringan. Bayangkan jika terlalu banyak toksin yang harus di”urus” oleh sistem imun tubuh kita, maka lama kelamaan fungsi sitem imun pun akan menurun. Oleh karena itu, perhatikan konsumsi air yang Kamu minum, jangan sampai kekurangan.
  8. Terbiasa tidak hygiene
    Jika Kamu terbiasa berada dalam lingkungan yang kurang hygiene, maka akan semakin besar kemungkinan virus, bakteri ataupun kuman yang lain untuk menyerang tubuh Kamu. Dengan begitu, kerja sistem imun pun akan semakin berat dan lambat laun fungsinya juga akan menurun. Oleh karena itu, perilaku hidup hygiene atau bersih sangat penting untuk ditanamkan sejak kecil dan harus senantiasa dipelihara hingga dewasa.

    Diantara beberapa perilaku kurang higenis yang mungkin sering dilakukan orang adalah tidak sering mencuci tangan dan jarang mandi.

  9. Mudah stress
    Stress dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Stress yang berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Pada akhirnya, jika keadaan stress itu terus terjadi, maka ancaman kesehatan yang semakin serius pun tidak akan terelakkan lagi.
  10. Terlalu banyak terpapar sinar matahari
    Terlalu banyak terpapar sinar matahari tidak hanya akan meningkatkan kemungkinan untuk terserang kanker kulit, tetapi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan adanya korelasi antara tingkat radiasi UV yang tinggi dengan rusaknya sistem imun tubuh manusia. Ada baiknya juga kalau Kamu menggunakan Sun Block cream saat keluar rumah saat sinar matahari sangat terik.
  11. Banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori
    Banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami overweight atau bahkan obesitas. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berat Badan yang berlebih (overweight) dan obesitas merupakan salah satu penyebab melemahnya sistem imun tubuh manusia. Pada akhirnya, overweight dan obesitas akan meningkatkan kemungkinan tubuh untuk terserang berbagai infeksi penyakit akibat melemahnya sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan kamu mengalami overwight dan obesitas. Perbanyaklah konsumsi makanan yang sehat agar tubuhmu selalu sehat.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: