Informasi dan Tips – informasitips.com

Apa yang Perlu Dilakukan Seorang Fresh Graduate Setelah Lulus Kuliah?

informasitips.com – Banyak orang mengira bahwa ketika kita lulus kuliah akan mudah mendapat pekerjaan. Pada kenyataannya tak jarang orang justru sulit mendapat kerja ketika telah menyelesaikan masa studinya. Sulit atau tidaknya seseorang mendapat kerja dilihat dari bagaimana usaha yang dilakukannya. Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika kita telah lulus kuliah.

  1. Selesaikan Urusan di Kampus
    Sebelum terjun ke lapangan kerja, hal yang penting diperhatikan adalah selesaikan urusan di kampus. Setelah dinyatakan lulus, segera lakukan revisian skripsi atau tugas akhir, dan jangan lupa untuk segera mengurus transkrip nilai dan legalisir ijazah. Hal ini penting dilakukan agar ijazah kita tidak ditahan hanya karena belum melakukan revisian skripsi.

  2. Travelling
    Ketika masih menjadi mahasiswa memang sedikit sulit untuk travelling karena keterbatasan dana, tetapi saat kita sudah bekerja kita tidak akan punya waktu untuk travelling. Akan lebih baik ketika kita masih menjadi mahasiswa pandai mengatur dana. Jadi ketika kita sudah lulus, beri sedikit waktu untuk diri sendiri ‘bernapas’. Bawa dirimu ke tempat-tempat baru. Tidak perlu jauh dan mahal, yang penting perjalanannya. Perjalanan akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih bijak dan lebih memahami proses atas dirinya sendiri.

  3. Berkarya Dengan Diri Sendiri
    Do what you love and love what you do. Sebelum berkarya untuk orang lain, perbanyaklah berkarya untuk diri sendiri. Bisa jadi, hal-hal kecil seperti hobi yang kita miliki akan menjadi suatu karya yang dapat menghasilkan. Jika kamu hobi menulis, fotografi, memasak, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain, lakukan hal itu dengan baik. Bisa jadi lho ada yang tertarik dengan ide dan karyamu.

    Hal yang perlu dilakukan fresh graduate setelah lulus kuliah

  4. Be Your Self!
    Setelah kamu lulus, buat semua keputusanmu secara mandiri. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Biasanya setelah lulus, orang lain cenderung meminta kita melakukan hal-hal yang biasa dilakukan orang pada umumnya. Jadikan itu referensi tetapi ingatlah untuk tetap menjadi diri sendiri.

  5. Diskusi Dengan Diri Sendiri
    Ketika kita sudah lulus ada jarak waktu antara sebelum mendapatkan pekerjaan. Gunakan waktu tersebut sebaik mungkin untuk menilai kembali diri kita. Jangan sampai diri kita hanya mengikuti arus. Buat daftar diri sendiri tentang keinginan apa yang akan dilakukan untuk hidup ini, ingin bekerja dimana, dan lain-lain.

  6. Jangan Malas Update CV
    Curiculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah perwakilan dari dirimu. Sehingga perbaiki daftar riwayat hidupmu dengan beberapa kegiatan yang bisa kamu ikuti. Selain kegiatan selama masih menjadi mahasiswa, seperti mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar kampus serta kegiatan sosial lainnya, kamu bisa menambah kegiatan lain seperti kursus keterampilan ataupun kerja paruh waktu.

  7. Never Give Up!
    Yap! Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan mencari lamaran kerja yang pas dengan mu. Sekalipun kamu akan ditolak dalam melamar kerja dan merasa putus asa, hingga kamu merasa lelah dengan itu semua dan enggan mencoba kembali, jangan pernah putus asa.

    Kegagalan dalam melamar kerja harus kamu jadikan sebagai bekal untuk memperbaiki diri menghadapi berbagai lamaran dan tes kerja yang akan kamu lakukan kedepannya. Ingatlah, tidak semua pintu tertutup, pasti ada salah satu pintu yang masih terbuka. Lagipula, kita tidak ingin kan selamanya menganggur?

  8. Perbanyak Koneksi
    Selain menjaga hubungan baik dengan dosen dan teman-teman di kampus, perbanyaklah koneksimu karena ada istilah getting the job is about who you know. Buka dirimu seluas-luasnya dan jadilah pribadi yang mudah diajak bergaul.

  9. Jika Ingin Kuliah Lagi
    Akhir-akhir ini beberapa perusahaan menawarkan posisi yang lebih tinggi tentu dengan kualifikasi pendidikan yang tinggi pula. Bisa saja kamu selesai gelar sarjana melanjutkan ke pendidikan master lalu PhD. Sudah banyak beasiswa yang digelar oleh institusi baik swasta maupun pemerintah bagi orang-orang yang berniat melanjutkan studi pasca sarjana. Tetapi hal ini bukan berarti karir kamu akan cemerlang. Pendidikan pascasarjana akan lebih bermanfaat pada mereka yang tertarik pada bidang akademis atau sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

  10. Langsung Bekerja atau Menikah?
    Terkadang kita sering ditanya ketika selesai akan melanjutkan kemana. Semua pilihan ada ditanganmu. Baik langsung bekerja ataupun menikah –jika sudah menemukan orang yang tepat untuk dinikahi- merupakan jalan yang sama baiknya. Ingat, tetap libatkan masukan-masukan dari orang-orang yang ada disekitarmu.

Nah, itu tadi merupakan beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan setelah lulus kuliah. Memang dari sejak menjadi mahasiswa-lulus-bekerja merupakan masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian sehingga kamu harus bisa menikmati proses tersebut. Selamat berjuang ya! Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: