Informasi dan Tips – informasitips.com

10 Cara Alami Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

informasitips.com– Permasalahan kulit wajah yang paling sering terjadi adalah jerawat. Tidak sedikit orang yang menjadi minder karena wajahnya berjerawat. Dan, pada akhirnya mereka bersedia mengeluarkan uang ratusan bahkan jutaan rupiah demi mengobati jerawat dan bekas-bekas yang tertinggal.

Jerawat ditandai dengan bintil lepuh yang berisi nanah dan darah. Bila sudah matang, jerawat akan pecah dengan sendirinya dan meninggalkan bekas menghitam. Apabila jerawat meradang dan sering dicongkel-congkel maka bekas yang ditinggalkan berupa lubang-lubang atau parut-parut kulit (scar). Alhasil bekas jerawat pun semakin sulit dihilangkan.

Namun jangan buru-buru panik saat di wajah Anda terdapat bekas jerawat. Asalkan rajin melakukan perawatan alami untuk menghilangkan jerawat, maka bekas-bekasnya akan menipis dan berangsur hilang.

Ada beberapa cara alami menghilangkan bekas-bekas jerawat di wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain mudah, tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar pula. Berikut beberapa cara alami tersebut:

Cara 1: Menggunakan air perasan jeruk nipis

Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Ambil satu buah jeruk nipis dan belah menjadi beberapa bagian. Peras airnya dan tambahkan madu. Oleskan air perasan jeruk nipis beserta madu tersebut di bagian-bagian bekas jerawat. Biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan satu kali sehari dan dalam sebulan noda hitam bekas jerawat akan menipis.

Cara 2: Menggunakan lidah buaya

Ambil dua lembar daun lidah buaya. Ambil dagingnya dan haluskan dengan blender. Tambahkan satu sendok teh madu pada lidah buaya yang telah dihaluskan, lalu oleskan ke wajah seperti masker. Tunggu 30 menit hingga masker kering dan wajah terasa mengencang. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Perlu diketahui bahwa masker lidah buaya ini bukan hanya bagus untuk menghilangkan noda jerawat, tapi juga bagus untuk menghilangkan segala bekas-bekas luka di tubuh. Lakukan 2x seminggu dan lihat hasilnya dalam 30 hari kemudian.

Cara 3: Menggunakan masker putih telur

Selain ampuh untuk membasmi komedo, masker putih telur juga ampuh menghilangkan noda-noda jerawat. Caranya cukup sederhana, Anda hanya membutuhkan putih telur dari satu butir telur ayam. Kocok hingga berbusa dan diamkan di kulkas selama 10 menit. Oleskan masker putih telur dingin tersebut ke noda-noda jerawat saja. Ingat, ke noda-noda jerawat saja ya! Jangan dibalurkan ke seluruh wajah. Sebab, untuk yang berjenis kulit kering, masker putih telur akan membuat kulit wajah semakin kering. Biarkan masker tersebut menempel selama 20 menit di noda-noda jerawat sebelum dibersihkan dengan air hangat. Idealnya, lakukan cara ini 2-3x dalam seminggu. Dan lihat hasilnya dalam 30 hari kemudian.

Cara 4: Menggunakan kunyit dan asam jawa

Kunyit termasuk salah satu bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Caranya, ambil 2-3 ruas kunyit seukuran ibu jari. Giling hingga halus. Tambahkan sedikit asam jawa dan air pada kunyit yang telah dihaluskan tersebut. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan oleskan merata pada wajah. Biarkan selama 30 menit hingga kunyit mengering dan berjatuhan. Selanjutnya bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini rutin 3x seminggu dan lihat hasilnya dalam satu bulan. Noda bekas jerawat bukan saja menipis, tapi juga kulit wajah menjadi lebih halus.

Cara 5: Menggunakan bengkoang

Bengkoang memang buah yang jitu untuk membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan bersih. Caranya, ambil satu buah bengkoang dan belah menjadi dua bagian. Gunakan saja separuhnya dan blender hingga halus. Peras airnya menggunakan sapu tangan dan letakkan ampasnya pada bagian seluruh permukaan wajah. Cara ini aman dilakukan sesering mungkin. Semakin sering, semakin cepat hasil yang bisa Anda lihat.

Cara 6: Menggunakan Cuka Apel

Cara alami lainnya adalah menggunakan cuka apel atau sari apel yang telah difermentasikan. Terbukti kadar alcohol dalam cuka apel mampu menyamarkan noda jerawat. Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan cuka apel yang telah dikemas dalam botol dan dijual bebas di toko-toko obat. Dengan menggunakan cotton bud, oleskan cuka apel pada bagian wajah yang bernoda jerawat. Biarkan selama 30 menit hingga mengering. Lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Cara 7: Menggunakan daun teh

Bila Anda tinggal di daerah perkebunan teh, maka manfaatkan daun teh untuk menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Caranya, giling daun teh secukupnya hingga halus dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan daun teh yang telah dihaluskan dan ditambahkan minyak zaitun tersebut ke seluruh permukaan wajah. Selain untuk menghilangkan noda jerawat, cara ini juga bagus untuk menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit wajah. Lakukan 2x dalam seminggu dan hasilnya akan terlihat dalam 30 hari.

Cara 8: Menggunakan parutan jagung muda

Siapkan satu-dua tongkol jagung muda, sisir hingga lepas dari tongkolnya. Giling kasar daging jagung muda tersebut dan oleskan hasilnya pada wajah. Biarkan selama 1 jam dan bilas kemudian hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan satu hari sekali selama satu bulan penuh. Dan hasilnya akan membuat Anda puas. Perlu diketahui bahwa parutan jagung muda bukan hanya ampuh untuk menghilangkan noda jerawat saja, tapi juga noda bekas cacar air.

Cara 9: Menggunakan nanas

Kandungan vitamin C pada buah nanas membantu mempercepat tumbuhnya sel-sel kulit baru yang akan menggantikan bagian kulit yang telah ‘menua’ atau rusak. Dengan demikian, noda-noda jerawat akan tersamarkan. Caranya, ambil beberapa potong daging buah nanas. Bersihkan mata-mata nanas yang tertinggal pada daging buah nanas hingga benar-benar bersih. Ingat, daging buah nanas yang akan digunakan harus benar-benar bersih dari mata-mata nanas! Sebab, mata nanas yang tertinggal akan menimbulkan iritasi atau rasa gatal bila dioleskan pada wajah. Setelah daging buah nanas bersih, blender hingga halus dan oleskan pada wajah. Tunggu selama 20 menit dan kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini 2x seminggu. Selain hasilnya noda jerawat akan menipis, kulit wajah pun akan terlihat semakin cerah.

Cara 10: Beras

Beras sangat baik untuk membuat kulit wajah halus dan bersih. Caranya, giling beras hingga halus dan berbentuk bubuk. Campur bubuk beras tersebut dengan beberapa tetes susu. Oleskan pada seluruh abgian wajah dan biarkan mengering. Lalu bilas hingga bersih. Lakukan sekurang-kurangnya 2x dalam seminggu.

Demikianlah 10 cara menghilangkan noda bekas jerawat secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: